Persija bungkam persegres 2-0 di GBK

Persija Jakarta melakoni laga kandang terakhirnya di putaran pertama Indonesia Super League. Lawan yang dihadapi adalah Persegres Gresik United yang datang untuk mencuri poin dari tuan rumah Persija Jakarta.
Kedua tim tidak dapat menurunkan komposisi terbaiknya pada laga ini. Di kubu Persija Jakarta, Ramdhani lestaluhu tidak dapat memperkuat Persija. Sedangkan Agus Indra dan David Faristian tidak dapat memperkuat skuad persegres yang di latih freddy mulli.

Dalam pertandingan itu, Persija gagal menembus rapatnya barisan pertahanan Persegres, yang kala itu memang tampil cukup disiplin. Serangan demi serangan yang dibangun pasukan Iwan Setiawan itu selalu patah sebelum memasuki kotak penalti lawan.

Ditambah lagi kecemerlangan kiper Hery Prasetya yang kerap mengagalkan sejumlah peluang Persija. Bahkan, pasukan Freddy Mulli nyaris membobol jala gawang Persija yang dikawal Andritany, andai tendangan kaki kiri Gaston Castano, yang sudah lolos dari jebakan offside tak melenceng dari sasaran.

Semenit berselang, Fabiano Beltrame juga nyaris membobol gawang Persegres andai tandukannya tak membentur tiang gawang. Sembilan menit berselang, Bambang Pamungkas juga gagal memanfaatkan umpan silang Rahmat Affandi untuk menjebol jala Hery Prasetyo. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Untuk menambah daya dobrak di 45 menit kedua, tuan rumah akhirnya menurunkan sang playmaker, Robertino Pugliara, menggantikan Rahmat Affandi.

Memasuki dua puluh menit akhir laga, Persegres terus ditekan setengah lapangan oleh tuan rumah. Sesekali tim asal Gresik itu melakukan serangan balik cepat, namun eksekusi akhir yang terlalu terburu-buru gagal mengejutkan Persija.

Menit ke-82 Persija sempat mengoyak gawang Persegres. Tandukan Pedro diblok Harry Prasetya dan bola rebound langsung diceploskan oleh Bambang Pamungkas, namun papan skor tidak jadi berubah karena wasit sudah mengangkat bendera offside saat mencetak gol.

Eksekusi akhir tampaknya menjadi masalah dalam laga kali ini. Tandukan Fabiano tiga menit jelang laga usai masih melambung tipis, meski ia sudah berdiri bebas saat menerima umpan matang Ismed Sofyan.
Tapi saat pertandingan kemungkinan besar berakhir dengan skor kacamata, Pedro Javier akhirnya berhasil menjawab keraguan pada menit ke 89. Menusuk dari sisi kiri, laju Pedro tak sanggup dihentikan bek lawan sebelum melepaskan tendangan keras dari sudut sempit yang menipu Harry Prasetya. Gelora Bung Karno pun bersorak dan bergemuruh, Persija unggul 1-0.
Tidak puas, Persija sukses gandakan keunggulan pada menit akhir 90+1′.  Lewat sebuah serangan cepat, Robertino menyodorkan umpan pada BP yang berdiri bebas. Dengan tenang sang kapten langsung menceploskan bola yang diikuti peluit panjang wasit. Persija pun menang 2-0 atas Persegres.
Dengan hasil ini Persija Jakarta berhasil merangsek ke peringkat empat klasemen sementara ISL dengan 26 poin dari 15 laga, menggeser Persela Lamongan. Sementara kekalahan ini kembali meneruskan tren negatif Persegres di laga away. Posisi mereka pun tertahan di peringkat 14 atau hanya dua strip di atas zona degradasi.

Susunan Pemain Persija vs Persegres :

Persija Jakarta : Andritany, Hasyim Kipuw (Rudy Setiawan 69′), Fabiano Beltrame, Precious, Ismed Sofyan, Octavianus (Johan Juansyah 83′), Leo Saputra, Amarzukih, Rahmat Affandi (Robertino Pugliara 46′), Pedro Javier, Bambang Pamungkas

Persegres : Harry Prasetya, Wismoyo, M. Husen, Anang Ma’ruf, Kacung Munif, Uston Nawawi, Ade Suhendra, Lan Bastian, Gustavo Chena, James Koko Lomell (Marwan Sayedeh 70′), Gaston Castano (rizki Mirwansyah 82′)

@Persija_Jkt

Coach Iwan Setiawan: “Alhamdulillah kami menang. Pertandingan ini tidak mudah. Pertahanan Gresik bagus.”

IS: “Saya selalu menekankan pada pemain bahwa kita harus menang. Jangan sampai ada trademark Persija susah menang di kandang.”

IS: “Mengenai formasi, saya akan tinjau lagi. Masih banyak yang harus diperbaiki kedepannya kalo mau bersaing di papan atas.”

@jakonline

Coach IS : “Saya sempat khawatir ketika anak2 terlihat bermain seperti melawan Mitra Kukar, menguasai pertandingan , tapi tidak menang”

Coach IS : “Melawan Gresik sore ini kami lebih beruntung sehingga meraih kemenangan”

IS: “sebelum pertandingan saya tekankan kpd pemain u/ jgn bermain ketika melawan mitrakukar, menguasai pertandingan tpi tdk meraih kemenangan”

ujar iwan setiwan pelatih persija jakarta usai pertandingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s